Blogger Jateng

Meta Didesak Gagalkan Rencana Pengembangan Instagram Anak

Meta Didesak Gagalkan Rencana Pengembangan Instagram Anak

Meta  adalah perusahaan yang selama ini menaungi  facebook dan instagram. Dibawah kendali Mark Zuckerberg perusahaan yang semula bernama Facebook Inc, kini telah resmi berganti nama yaitu Meta.

Kata” Meta “ dipilih karena mewakili harapan  yang gemilang dimasa yang akan datang. Mark Zuckerberg percaya perubahan nama ini  akan membawa inovasi yang sangat bagus,  serupa dengan apa yang telah dilakukan oleh Google 2015 lalu.

Meskipun telah berganti nama , semua struktur facebook ini tidak berubah. Mark Zuckerberg menegaskan bahwa Meta ingin membangun masa depan yang membantu semua masyarakat dunia  dapat bermain dan mampu berhubungan.

Sesuai dengan nama Metaverse sendiri yang mempunyai arti suatu kumpulan ruang virtual di mana anda bisa membuat dan mengeksplorasi bersama orang lain yang tidak berada dalam ruang yang sama. 

Meta Didesak Gagalkan Rencana Pengembangan Instagram Anak

Pemuka agama mendesak perusahaan Meta agar membatalkan secara permanen pengembangan instagram anak. Sejak bulan september 2021 kemarin induk perusahaan facebook ini telah menunda proyek pengembangan untuk instagram anak.

Permintaan pembatalan tersebut telah dikirim oleh lembaga advokasi dan Childern's Screen Time Action Net.

Mereka menganggap bahwa platform media sosial yang membidik anak muda yang belum dewasa ini merupakan alat yang tak pantas untuk anak anak

Perusahaan ini juga banyak mendapat kecaman dari masyarakat setelah Frances Haugen, seorang pegawai facebook membocorkan dokumen internal yang mengungkap target pengguna media sosial ini adalah anak-anak.

Meta Didesak Gagalkan Rencana Pengembangan Instagram Anak

Rencana Pengembangan Instagram  Anak

Mark Zuckerberg selaku pimpinan Meta angkat bicara Beliau berkata bahwa dokumen tersebut hanya ingin menjatuhkan citra perusahaan. Dia berkata bahwa gagasan instagram anak ini justru dibuat untuk menciptakan tempat secara online yang aman bagi anak dibawah umur.

Tak beda dengan platform media sosial yang lain bahwa  anak berusia 13 tahun dilarang menggunakan atau membuat platform tersebut. Namun banyak anak-anak yang mampu membuat dan mendaftar menggunakan tanggal lahir palsu, begitu ujarnya.

Instagram anak yang akan dikembangkan digadang-gadang akan membuat orang tua mampu untuk mengawasi dan membatasi aktivitas anak tersebut dan juga Meta akan membatasi pengguna yaitu anak usia diatas 10 tahun

Disamping itu platform lain seperti youtube juga mengembangkan media nya demi menjamin konten yang ada sesuai dengan usia pengguna media.

Kini facebook sedang mengumpulkan informasi tentang akses pengguna dibawah umur ujar lembaga pembela anak (Fairplay for Kids).

Namun pada kenyataanya semua itu bisa saja menyasar kepada anak anak yang belum pantas/layak dalam konten tersebut


Posting Komentar untuk "Meta Didesak Gagalkan Rencana Pengembangan Instagram Anak"